Tafsir Surah Al Alaq Ayat 1-5 Beserta Isi Kandungannya, Pesan Untuk Belajar Ilmu Pengetahuan.



Mungkin sebagian besar umat Islam sudah tidak asing lagi dengan surat Al Alaq ayat 1-5. Karena ayat 1-5 Surat Al Alaq merupakan ayat yang pertama kali diturunkan. Surah 19 ayat ini merupakan surah ke-96 dalam Al-Quran dan termasuk dalam surah Makkiyah.

Al Alaq berarti segumpal darah, diambil dari ayat lain.Surah ini menjelaskan tentang penciptaan manusia dan pentingnya ilmu. Laki-laki dan perempuan muslim harus belajar dari buaian sampai liang lahat. Karena banyak sekali ayat dalam Al-Qur'an yang memuat informasi tentang alam semesta. 

Selain itu, Allah SWT memerintahkan hambanya untuk banyak belajar ilmu dan membaca buku. Salah satu perintah tersebut tertuang dalam surat Al Alaq ayat 1-5. Orang yang berbekal ilmu bisa bersaksi tentang kekuasaan dan kebesaran Allah SWT. Melalui surat ini, Allah SWT menantang hambanya untuk menemukan siapa Tuhan yang menciptakan dan memuliakan dirinya. 

Adapun bacaan Surat Al Alaq ayat 1-5 adalah sebagai berikut:

 

اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِيْ خَلَقَۚ

 

1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan,

 

خَلَقَ الْاِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍۚ

 

2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.

 

اِقْرَأْ وَرَبُّكَ الْاَكْرَمُۙ

 

3. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Mahamulia,

 

الَّذِيْ عَلَّمَ بِالْقَلَمِۙ

 

4. Yang mengajar (manusia) dengan pena.

 

عَلَّمَ الْاِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْۗ

 

5. Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.


Isi Kandungan Surah Al Alaq Ayat 1-5


A. Pentingnya ilmu

Ayat 1-5 Surat Al Alaq berisi tentang pentingnya ilmu bagi manusia. Ayat ini mendorong semua orang untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Menurut pepatah Islam, seorang Muslim harus mencari ilmu dari buaian sampai liang lahat. Artinya, tidak ada alasan bagi laki-laki dan perempuan muslimah untuk bermalas-malasan dalam mencari ilmu selama masih hidup.


B. Proses penciptaan manusia

Dalam ayat 1-5, surat Al Alaq juga menyebutkan tentang proses penciptaan manusia. Sebagaimana dijelaskan dalam ayat ini, manusia diciptakan dari segumpal darah. Ilmu pengetahuan modern menjelaskan bahwa gumpalan darah adalah proses bertemunya sel telur dan sperma di dalam rahim wanita. Allah SWT menciptakan manusia dalam bentuk yang paling sempurna dari ciptaannya yang lain.


C. Banyak membaca dan panduan belajar

Surah ini juga berisi petunjuk untuk membaca dan belajar. Membaca merupakan salah satu cara untuk memperoleh pengetahuan dan pemahaman yang komprehensif. Beberapa mata pelajaran juga harus dipelajari. Intinya adalah menjadi orang yang cerdas dan tidak hanya menyalahkan orang lain karena tidak setuju. Karena banyak membaca dapat membuat pikiran manusia lebih terbuka. Topik bacaannya juga sangat luas yaitu berupa segala sesuatu yang melingkupi seseorang. 


D. Konseling mencari informasi

Allah SWT mengajar manusia melalui Firman. Seseorang dapat menyimpan informasi apa pun yang diterimanya. Ini tidak hanya berfungsi untuk memori yang lebih baik, tetapi juga berfungsi untuk meneruskan pengetahuan ke generasi berikutnya. Seperti peneliti dan ilmuwan yang juga menulis dan merekam karyanya. Karya-karya tersebut memegang peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan di masa yang akan datang.

 

E. Pengetahuan berasal dari Tuhan

Ilmu adalah cahaya dan Allah SWT memberikan cahayanya kepada orang-orang yang bebas dari kemaksiatan. Seperti yang tertulis dalam Surat Al Alaq, semua ilmu berasal dari Allah SWT. Ingatlah bahwa orang tidak membawa apapun ke bumi ketika mereka dilahirkan. Mereka juga tidak tahu apa-apa ketika mereka lahir ke dunia. Dengan karunia-Nya, Allah SWT mengajarkan manusia tentang ilmu pengetahuan dengan berbagai cara.  

Demikian lah beberapa penjelasan tentang kandungan dari Surah Al Alaq Ayat 1-5

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tafsir Surah Al Alaq Ayat 1-5 Beserta Isi Kandungannya, Pesan Untuk Belajar Ilmu Pengetahuan."

Posting Komentar