FAKTOR-FAKTOR KEJAYAAN DAULAH UMAYYAH TIMUR

 FAKTOR-FAKTOR KEJAYAAN DAULAH UMAYYAH TIMUR




Kekhalifahan Daulah Umayyah adalah kekhalifahan pertama setelah masa khulafaur rasyidin yang memerintah dari 661 sampai 750 di Jazirah Arab dan sekitarnya. Kekuasaan Daulah Umayyah berlangsung selama 90 tahun. Pada masa tersebut penyebaran Islam telah meluas mulai wilayah Kashgar yang berbatasan dengan Cina di Timur hingga Andalusia dan Perancis bagian selatan di Barat dan dari Laut Kaspia di utara hingga Samudera Hindia di Selatan.

Fakta sejarah memberikan kesaksian bahwa penaklukan wilayah tidak hanya dilakukan dengan cara militer saja melainkan juga penaklukan secara agama, bahasa dan budaya. Islam tersebar di wilayah yang ditaklukkan disertai oleh perubahan kondisi politik, ekonomi dan sosial sehingga pemerintahan Daulah Umayyah mengalami kejayaan.

Faktor-faktor pendorong yang menyebabkan kejayaan Daulah Umayyah yaitu sebagai berikut :

1. TERJADINYA ASIMILASI

2. PERLUASAN WILAYAH YANG DILATAR BELAKANGI PENYEBARAN AGAMA ISLAM

3. MENERAPKAN PERJANJIAN DAMAI KEPADA WILAYAH YANG DITAKLUKAN

4. MENEMPATKAN PUTRA DAERAH SEBAGAI PENGUASA WILAYAH.


Dan berikut beberapa Kondisi Kejayaan pada masa Bani Umayyah :

Wilayah Kekuasaan

Daulah Umayyah berhasil melakukan perluasan kekuasaan pemerintahannya melebihi kekuaaan imperium Roma pada Duncak kejayaannya. Perluasan kekuasaan Islam yang lebih luas yang meliputi Spanyol, Afrika Utara, Timur Tengah, sampai ke perbatasan Tiongkok. Dengan begitu, Daulah Umayyah berhasil pula mengembangkan aspek-aspek peradaban slam yang sangat besar perannya bagi Islam pada masa selanjutnya.

Sistem Pemerintahan

Sistem pemerintahan yang diterapkan oleh Daulah Umayyah dengan cara turun-temurun (Monarchi Heridites). Dengan sistem pemerintahan ini khalifah Daulah Umayyah mampu mempertahankan kekuasaan selama kurang lebih satu abad.

Meredam kelompok yang menentang pemerintah Khalifah

Daulah Umayyah pandai menempatkan gubernur yang berada di daerah yang menentang khalifah untuk meredam gejolak dari kelompok tersebut. Seperti Khalifah Hisyam bin Abdul-Malik mengangkat Khalid al-Qasri sebagai gubernur Yamaniyah

Kemajuan peradaban dan ilmu pengetahuan

Daulah Umayyah banyak meninggalkan bangunan bersejarah seperti istana, masjid dan rumah sakit. Sedangkan dalam ilmu pengetahuan pada masa ini muncul ilmuwan dalam bidang ilmu agama Islam Seperti :Tafsir, Hadist, dan ilmu umum seperti : Astronomi, Kedokteran, Matematika dan Filsafat.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " FAKTOR-FAKTOR KEJAYAAN DAULAH UMAYYAH TIMUR"

Posting Komentar